Monday, November 19, 2018

MATERI AJAR MATEMATIKA KELAS 4 TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN


Tema  4              :  BERBAGAI PEKERJAAN
Sub tema 1         :  jenis pekerjaan
Mata pelajaran : matematika
Kelas                 ; 4

A.             KOMPETENSI INTI
1.       Mengetahui,menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati 9mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.             KOMPETENSI DASAR
IPA
3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua.
4.9 menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas persegi panjang dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua

IPS
3.1 memahami makna hubungan symbol dengan sila-sila pancasila
4.1 menjelaskan makna hubungan symbol dengan sila-sila pancasila sebagai satu kesatan dalam kehidupan sehari-hari.

SBDP
3.1 Memahami gambar dan bentuk tiga dimensi
4.1 menggambar dan membentuk tiga dimensi
C. Materi Ajar

Apakah kamu tahu pekerjaan seorang arsitek? Pengetahuan apa yang harus mereka miliki?
Ayah Udin seorang arsitek. Ia merancang sebuah bangunan. Seorang arsitek akan menggambar rancangan bangunannya di atas kertas berpetak. Mereka harus mengetahui luas dan keliling dari rancangan bangunannya. Bagaimana mengetahui luas dan keliling? Ayo, kita pelajari!
Potonglah kertas menjadi persegi satuansatuan dengan panjang sisi 1 cm! Letakkan persegi satuan sehingga menutupi seluruh permukaan persegi!


1.              Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi salah satu sisi persegi?
2.              Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi?
3.              Bagaimana hubungan antara banyak persegi satuan yang menutupi sisi dengan persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan?
4.              Jika seluruh persegi satuan yang menutupi persegi menyatakan luas persegi, apa yang bisa kamu simpulkan tentang luas persegi?
5.              Panjang sisi persegi kita namakan s. Luas persegi dinamakan L. Tulislah rumus luas perseg! Ya, banyaknya persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi menyatakan luas persegi.
Luas persegi adalah perkalian dari panjang sisinya. Jika panjang sisi s dan luas sama dengan L, maka L = s x s atau s2. Perhatikan juga satuannya, jika panjang sisi dalam satuan cm, maka satuan luasnya adalah cm x cm atau cm2. Apakah kamu menemukan cara berbeda untuk menemukan luas persegi? Tulislah cara lain yang kamu temukan!

Ayo berlatih
1. Sebuah persegi mempunyai sisi 6 cm. Hitunglah luasnya! 16
2. Sebuah persegi mempunyai luas 64 cm2. Hitunglah panjang sisinya!
3. Perhatikan gambar berikut! A B Panjang sisi persegi B adalah dua kali panjang sisi persegi A. Panjang sisi persegi A adalah 7 cm. Hitunglah luas persegi B!
4. Pak Budi mempunyai tanah berbentuk persegi. Panjang tanah pak Budi adalah 40 m. Pak Budi ingin menjual tanahnya dengan harga Rp500.000,00/ m2. Hitunglah uang yang didapatkan oleh Pak Budi!
5. Terdapat dua persegi. Persegi A dan persegi B. Panjang sisi persegi B adalah 3 kali panjang sisi persegi A. Jika luas persegi A adalah 16 cm2, hitunglah luas persegi B!
6. Terdapat dua persegi, yaitu persegi A dan persegi B. Panjang sisi persegi B adalah 5 cm lebihnya dari panjang persegi A. Jika luas persegi A adalah 25 cm2, hitunglah luas persegi B!

No comments:

Post a Comment