Tema 4 :
BERBAGAI PEKERJAAN
Sub tema 1 :
jenis pekerjaan
Mata pelajaran : matematika
Kelas ; 4
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Mengetahui,menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati 9mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan
kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.9 Menjelaskan dan menentukan
keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga serta hubungan pangkat
dua dengan akar pangkat dua.
4.9 menyelesaikan masalah berkaitan
dengan keliling dan luas persegi panjang dan segitiga termasuk melibatkan
pangkat dua dengan akar pangkat dua
IPS
3.1 memahami makna hubungan symbol
dengan sila-sila pancasila
4.1 menjelaskan makna hubungan symbol
dengan sila-sila pancasila sebagai satu kesatan dalam kehidupan sehari-hari.
SBDP
3.1 Memahami gambar dan bentuk tiga
dimensi
4.1 menggambar dan membentuk tiga
dimensi
C. Materi Ajar
Apakah kamu tahu
pekerjaan seorang arsitek? Pengetahuan apa yang harus mereka miliki?
Ayah Udin
seorang arsitek. Ia merancang sebuah bangunan. Seorang arsitek akan menggambar
rancangan bangunannya di atas kertas berpetak. Mereka harus mengetahui luas dan
keliling dari rancangan bangunannya. Bagaimana mengetahui luas dan keliling?
Ayo, kita pelajari!
Potonglah kertas menjadi
persegi satuansatuan dengan panjang sisi 1 cm! Letakkan persegi satuan sehingga
menutupi seluruh permukaan persegi!
1.
Ada berapa banyak persegi
satuan yang menutupi salah satu sisi persegi?
2.
Ada berapa banyak persegi
satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi?
3.
Bagaimana hubungan antara
banyak persegi satuan yang menutupi sisi dengan persegi satuan yang menutupi
seluruh permukaan?
4.
Jika seluruh persegi satuan
yang menutupi persegi menyatakan luas persegi, apa yang bisa kamu simpulkan
tentang luas persegi?
5.
Panjang sisi persegi kita
namakan s. Luas persegi dinamakan L. Tulislah rumus luas perseg! Ya, banyaknya
persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi menyatakan luas persegi.
Luas persegi
adalah perkalian dari panjang sisinya. Jika panjang sisi s dan luas sama dengan
L, maka L = s x s atau s2. Perhatikan juga satuannya, jika panjang sisi dalam
satuan cm, maka satuan luasnya adalah cm x cm atau cm2. Apakah kamu menemukan
cara berbeda untuk menemukan luas persegi? Tulislah cara lain yang kamu
temukan!
Ayo berlatih
1. Sebuah
persegi mempunyai sisi 6 cm. Hitunglah luasnya! 16
2. Sebuah
persegi mempunyai luas 64 cm2. Hitunglah panjang sisinya!
3. Perhatikan
gambar berikut! A B Panjang sisi persegi B adalah dua kali panjang sisi persegi
A. Panjang sisi persegi A adalah 7 cm. Hitunglah luas persegi B!
4. Pak Budi
mempunyai tanah berbentuk persegi. Panjang tanah pak Budi adalah 40 m. Pak Budi
ingin menjual tanahnya dengan harga Rp500.000,00/ m2. Hitunglah uang yang didapatkan
oleh Pak Budi!
5. Terdapat dua
persegi. Persegi A dan persegi B. Panjang sisi persegi B adalah 3 kali panjang
sisi persegi A. Jika luas persegi A adalah 16 cm2, hitunglah luas persegi B!
6. Terdapat dua
persegi, yaitu persegi A dan persegi B. Panjang sisi persegi B adalah 5 cm
lebihnya dari panjang persegi A. Jika luas persegi A adalah 25 cm2, hitunglah
luas persegi B!
No comments:
Post a Comment