MATERI
AJAR BAHASA INDONESIA DAN IPA KELAS 4 KURIKULUM 2013 TEMA 7 PEMBELAJARAN 1
SUBTEMA 1
Tema 7 : Indahnya Keragaman
di Negeriku
Sub tema : 1 keragaman suku bangsa dan agama di
negeriku
PEMBELAJARAN : 1
KELAS : IV
MATA PELAJARAN :
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran,
agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan factual dengan cara
mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faKtual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.
Bahasa Indonesia
3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks
4.7 menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi
ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
2.
IPA
3.3 mengidentifikasi macam-acam gaya, antara lain:
gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dn gaya gesekan.
4.3 mendemonstasikan manfaat gaya sehari-hari,
misalnya gaya
C.
MATERI AJAR
Ayo Membaca
Bacalah dalam hati teks berikut! Suku Bangsa di
Indonesia Sejak dahulu kala bangsa Indonesia hidup dalam keragaman. Kalimat
Bhinneka Tunggal Ika pada lambang negara Garuda Pancasila bukan cuma slogan.
Penduduk Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa, agama, bahasa, adat, dan
budaya tetapi semua dapat hidup rukun berdampingan. Berdasarkan hasil sensus
Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, bangsa Indonesia terdiri atas 1.331
suku. Berdasarkan sensus itu pula, suku bangsa terbesar adalah Suku Jawa yang
meliputi 40,2 persen dari penduduk Indonesia. Suku Jawa ini merupakan gabungan
dari suku-suku bangsa di Pulau Jawa, yaitu: Jawa, Osing, Tengger, Samin,
Bawean, Naga, dan suku-suku lainnya. Suku yang paling sedikit jumlahnya adalah
Suku Nias dengan jumlah 1.041.925 jiwa atau hanya 0,44 persen dari jumlah
penduduk Indonesia. Namun, suku-suku Papua yang terdiri atas 466 suku,
jumlahnya hanya 2.693.630 jiwa atau 1,14 persen dari jumlah penduduk Indonesia.
Sedangkan etnis Tionghoa jumlahnya 2.832.510 jiwa atau 1,2 persen penduduk
Indonesia
Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam
hati teks ”Suku Bangsa di Indonesia”.
1.
Adakah kata sulit yang kalian temukan pada
bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk
tabel seperti berikut.
2. Ada
berapa paragraf pada teks “Suku Bangsa di Indonesia”? Tuliskan pokok pikiran
dari setiap paragraf.
Pokok pikiran paragraf 1:
Pokok pikiran paragraf 2:
Cara menentukan pokok pikiran pada
paragraf sebagai berikut.
1. Membaca seluruh kalimat dalam
paragraf.
2. Menandai kalimat awal, kalimat
akhir, atau kalimat awal dan kalimat akhir paragraf.
3. Menandai pikiran pokok yang
terdapat di awal, akhir, atau awal dan akhir pada paragraf.
Ayo
Bercerita
Ceritakan hasil diskusi kelompokmu.
Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain. Apakah ada perbedaan? Dari
kegiatan sebelumnya, kamu mengetahui bahwa di Indonesia terdapat ribuan suku bangsa.
Setiap suku bangsa kemungkinan memiliki kebiasaan dan cara hidup berbeda. Salah
satu contoh perbedaan cara hidup adalah transportasi. Pada zaman dahulu, alat
transportasi menggunakan tenaga hewan seperti gambar-gambar berikut.
Apakah di
daerahmu masih dijumpai alat transportasi seperti pada gambar di atas? Coba,
ceritakan kepada teman-temanmu. Apakah teman-temanmu juga menjumpai jenis alat
transportasi seperti yang kamu sebutkan? Perhatikan lagi gambar bendi, pedati
sapi, dan pedati kerbau. Dapatkah kamu melihat persamaan dari ketiga alat
transportasi tradisional tersebut? Ada banyak persamaan, salah satunya adalah
ketiga alat transportasi tersebut menggunakan binatang yang sama-sama menarik
beban berupa bendi atau pedati.
Apa yang terjadi saat kuda menarik bendi?
Apa yang terjadi saat kerbau atau kuda menarik pedati?
Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan-kegiatan
sederhana berikut.
1. Dorong
meja belajarmu pelan-pelan hingga bergeser sedikit, lalu tarik ke posisi
semula.
2. Angkat
tas sekolahmu, lalu letakkan lagi ke posisi semula. 3. Ambil selembar kertas
tak terpakai, lalu lipat atau remaslah kertas tersebut.
Dari kegiatan
tersebut, isilah tabel berikut
Aktivitas yang telah kamu lakukan
terhadap meja sehingga bergeser disebut gaya.
Aktivitas yang kamu lakukan
terhadap tas sekolah yang kamu angkat disebut gaya.
Aktivitas yang kamu lakukan
terhadap kertas sehingga bentuknya berubah disebut gaya.
Apa yang dimaksud dengan gaya?
Gaya adalah dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak
atau berubah bentuk.
Tugas
Tuliskan pada buku catatanmu,
gaya apa yang telah kamu lakukan atau kamu lihat dari pagi sampai saat ini.
Tulislah dengan menggunakan ejaan yang tepat. Kemudian, bacakan catatanmu di
depan teman-teman dan gurumu.
Ayo Mengamati
Kamu telah mengetahui pengertian gaya. Sekarang, perhatikan gambargambar berikut. Lalu, jawablah pertanyaan pada
setiap gambar.
Gaya mempunyai banyak jenis sesuai dengan sumber yang melakukan gaya.
Macam-macam gaya antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya
gravitasi, dan gaya gesek.
No comments:
Post a Comment